Thursday, November 21, 2013

ALTAVISTA



PENGERTIAN ALTAVISTA

     AltaVista adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo! AltaVista pernah salah satu mesin pencari paling populer, tetapi popularitasnya menurun dengan munculnya Google.
     Pada tahun 2010, Yahoo! mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menghentikan situs tersebut. Situs itu ditutup selama 2011, dengan hasil yang mengarahkan ke Yahoo! Search.

SEJARAH ALTAVISTA

    AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah.
   Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
   AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!

KELEBIHAN (+)
  • keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
  • Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.


KEKURANGAN (-)
  • Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

Altavista.com adalah salah satu veteran search engine terbesar. Selama bertahun-tahun, sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas, Altavista.com merupakan search engine yang cukup diperhitungkan. Pada masa jayanya, Altavista.com mampu menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain.

No comments:

Post a Comment